Hybrid Assessment dalam Rangka Surveilen ke-1 Akreditasi SNI/ISO 17025:2017

BBLK Makassar mendapat kunjungan dari Tim Asesmen Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam rangka Asesmen ke-1, Penambahan Ruang Lingkup, dan Witness SNI/ISO 17025:2017 dengan nomor registrasi LP-400-IDN. Kegiatan asesmen dilaksanakan secara hybrid mulai dari tanggal 25-27 September 2023. Adapun yang bertindak sebagai asesor yaitu Apt. Neni Widyana, S.Si, M.SE sebagai Asesor Kepala didampingi oleh Dr. drh. Anni Kusumaningsih, M.Sc dan Armelco Uyun S.T, M.Si sebagai anggota.

Kedatangan tim asesmen diterima langsung oleh Kepala BBLK Makassar, dr. Mujaddid, M.Kes[MMR] bersama jajaran di Aula Arjuna. Dalam sambutannya beliau berharap proses asesmen ini dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, beliau berharap agar seluruh stakeholder di BBLK Makassar dapat bekerjasama dan kooperatif dalam memenuhi kebutuhan proses asesmen. Standar SNI/ISO 17025:2017 ini merupakan hal yang penting dalam menjaga mutu pemeriksaan serta legalitas BBLK Makassar dalam melakukan pemeriksaan lingkungan.

Selain melihat kesesuaian pelaksanaan parameter yang telah terakreditasi sebelumnya (SNI/ISO 17025:2017), para asesor juga akan menilai penambahan ruang lingkup baru yang diusulkan oleh BBLK Makassar. Di antaranya, uji Rapid Diagnostic Test (RDT) yang dilakukan di Instalasi Imunologi. Para asesor pun berkunjunga ke beberapa instalasi lainnya yaitu bagian Spesimen, Kimia Kesehatan, Mikrobiologi Lingkungan, dan Media Reagensia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *