Ingin Tahu Kesehatan Jantungmu? Lakukan Pemeriksaan Ini!

ilustrasi jantung

Jantung adalah organ vital dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam menjaga kesejahteraan dan kehidupan kita yang berfungsi memompa darah dan mengantarkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh. Beberapa faktor risiko penyebab gangguan kesehatan jantung antara lain kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, kegemukan (obesitas), dan gaya hidup tidak sehat seperti kurang olahraga, stress yang tidak terkontrol, pola makan yang tidak sehat serta mengonsumsi alkohol. Faktor risiko tersebut menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang serius seperti penyakit arteri coroner yang menyebabkan nyeri pada dada (angina), gagal jantung, dan gangguan irama jantung.

Pemeriksaan Terkait Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung adalah faktor penting dalam menjaga kesejahteraan kita. Jantung yang sehat berarti kita dapat menjalani kehidupan yang aktif dan berkualitas. Pemeriksaan laboratorium terkait kesehatan jantung adalah salah satu cara untuk memahami kesehatan jantung kita secara mendalam. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa pemeriksaan laboratorium dasar  yang penting dan bagaimana hal itu dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

Tes Darah

Tes darah adalah salah satu pemeriksaan laboratorium yang paling dasar untuk  dilakukan. Tes ini memberikan informasi tentang berbagai faktor, termasuk kadar kolesterol, lipid, gula darah, dan enzim jantung.

  1. Kolesterol: Tes kolesterol adalah pemeriksaan darah yang mengukur kadar kolesterol total dalam darah Anda. Kolesterol merupakan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk fungsi normal, namun kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Tes kolesterol juga mencakup pengukuran kadar lipoprotein, yaitu LDL (Low-Density Lipoprotein) dan HDL (High-Density Lipoprotein).
  2. LDL (Low-Density Lipoprotein): LDL sering disebut sebagai “kolesterol jahat” karena dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Pengukuran LDL membantu memperkirakan tingkat risiko Anda untuk mengalami penyakit jantung.
  3. HDL (High-Density Lipoprotein): HDL sering disebut sebagai “kolesterol baik” karena membantu mengangkut kolesterol dari arteri kembali ke hati untuk diolah dan dikeluarkan dari tubuh. Tingkat HDL yang tinggi cenderung melindungi terhadap penyakit jantung.
  4. Glukosa Darah: Tes glukosa darah mengukur kadar gula (glukosa) dalam darah. Peningkatan kadar glukosa darah dapat menunjukkan adanya diabetes, yang merupakan faktor risiko penting untuk penyakit jantung. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan mempengaruhi fungsi jantung.
  5. Trigliserida: Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Tingkat trigliserida yang tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Peningkatan trigliserida sering terkait dengan faktor risiko lainnya, seperti obesitas, diabetes, dan konsumsi alkohol yang berlebihan.
  6. CK (Creatin Kinase) : CK adalah enzim yang terdapat dalam sel-sel otot, termasuk otot jantung. Tes CK mengukur kadar enzim ini dalam darah Anda. Peningkatan kadar CK dalam darah dapat menunjukkan adanya kerusakan pada jantung atau otot lainnya, seperti pada serangan jantung atau cedera otot.
  7. CK-MB (Creatin Kinase-Myocardial Band): CK-MB adalah bentuk spesifik dari enzim CK yang ditemukan secara khusus dalam jaringan otot jantung. Tes CK-MB mengukur kadar enzim ini dalam darah Anda. Peningkatan signifikan dalam kadar CK-MB dapat menjadi indikasi kerusakan jaringan otot jantung, terutama pada kasus serangan jantung.

Elektrokardiogram (EKG)

Elektrokardiogram atau EKG adalah pemeriksaan yang digunakan untuk memeriksa aktivitas listrik jantung Anda. Pemeriksaan ini sederhana dan tidak menyakitkan. Pemeriksaan ini melibatkan pemasangan elektroda pada dada, lengan, dan kaki pasien yang akan merekam sinyal listrik yang dihasilkan oleh jantung. EKG membantu mendeteksi detak jantung yang tidak normal atau gangguan irama jantung. Selain itu, dapat pula membantu dalam mendeteksi tanda-tanda serangan jantung. EKG sering digunakan sebagai pemeriksaan awal untuk mengevaluasi fungsi jantung.

Persiapan Sebelum Pemeriksaan

Sebelum menjalani pemeriksaan, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebagai persiapan. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu diambil sebelum pemeriksaan:

  • Berkonsultasi kepada dokter

Penting untuk berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu dan menjelaskan tujuan pemeriksaan laboratorium yang akan dilakukan. Dokter akan memberikan informasi lebih lanjut tentang persiapan yang diperlukan dan menjawab pertanyaan atau kekhawatiran yang Anda miliki.

  • Mencatat instruksi khusus

Dokter atau petugas medis yang akan melakukan pemeriksaan, mungkin memberikan instruksi khusus terkait persiapan sebelum pemeriksaan. Pastikan Anda mencatat dengan baik semua instruksi ini, termasuk apakah ada larangan makan atau minum sebelum pemeriksaan, obat yang perlu dihentikan atau dilanjutkan, dan persiapan lainnya yang mungkin diperlukan.

  • Puasa

Beberapa pemeriksaan laboratorium seperti tes darah pada pemeriksaan kolesterol dan lipid, memerlukan puasa sebelum pemeriksaan. Ini berarti Anda mungkin harus berpuasa selama beberapa jam sebelum pemeriksaan. Pastikan Anda mengikuti instruksi puasa yang diberikan oleh dokter atau petugas medis.

  • Hentikan konsumsi kafein

Sebelum pemeriksaan laboratorium, disarankan untuk menghindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman berenergi. Kafein dapat mempengaruhi hasil beberapa tes, seperti tes stres atau tes latihan.

  • Hindari aktivitas fisik berat

Beberapa pemeriksaan laboratorium, seperti tes latihan atau tes stres, melibatkan aktivitas fisik yang meningkat. Sebelumnya, disarankan untuk menghindari aktivitas fisik berat atau olahraga yang intens untuk beberapa waktu sebelum pemeriksaan. Ini akan membantu memastikan bahwa detak jantung dan kondisi fisik Anda mencerminkan keadaan normal.

  • Kenakan pakaian yang nyaman

Saat menjalani pemeriksaan laboratorium, Anda mungkin diminta untuk mengganti pakaian dan menggunakan pakaian khusus. Pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman dan mudah dilepas agar memudahkan proses pemeriksaan.

  • Bawa daftar obat yang Anda konsumsi

Jika Anda sedang minum obat-obatan tertentu, baik untuk kondisi jantung atau kondisi medis lainnya, pastikan Anda membawa daftar obat tersebut saat pemeriksaan. Dokter perlu mengetahui obat-obatan yang Anda konsumsi untuk membantu menafsirkan hasil pemeriksaan dengan lebih akurat.

Pemeriksaan laboratorium merupakan alat penting dalam penilaian kesehatan jantung. Pemeriksaan ini akan memberikan informasi yang berharga kepada dokter terkait risiko penyakit, fungsi, dan diagnosis kondisi jantung. Dengan melakukan pemeriksaan laboratorium secara teratur, kita dapat mengidentifikasi masalah jantung lebih awal, mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, dan menjaga kesehatan jantung yang optimal. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui pemeriksaan mana yang sesuai untuk Anda berdasarkan riwayat medis dan kebutuhan pribadi Anda.

BBLK Makassar sebagai salah satu laboratorium medis yang terakreditasi menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan jantung. Selain itu, Anda dapat memilih jenis pemeriksaan lain yang dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi customer service kami di 0811 4156 55. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kamu, ya! Semoga sehat selalu.

One Comment

  1. Menuju Jantung Sehat

    artikel terkait kesehatan jantung sungguh bermanfaat. Gaya hidup sehat sebagai langkah preventif berbagai penyakit. Jika ada gangguan pada jantung, salah satu prosedurnya adalah Ablasi Jantung, tindakan yang mendukung pemulihan irama jantung yang tidak normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *